Sabtu, 03 Desember 2011

Sejarah Komputer


Sejarah Komputer


Dr. Atanasoff diberi penghargaan atas diciptakannya komputer elektronik digital, dia dibantu muridnya yang bernama Clifford Berry. Ia menyebut penemuannya sebagai Atanasoff-Berry Computer / ABC. Setelah berbicara dengan Dr. Atanasoff, membaca buku manual cara kerja dan melihat ABC, Dr. Mauchly bekerja sama dengan Mr. Eckert untuk mengembangkan sebuah mesin yang bisa menghitung lintasan peluru untuk AD Amerika. Hasilnya, komputer elektronik skala besar yang selesai tahun 1946 dan bernama ENIAC. Beratnya 30 ton, menempati ruangan seluas 1500 kaki kuadrat, dan memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa udara. Legenda menyatakan bahwa ENIAC yang dibuat di Universitas Pennsylvania telah mengurangi ‘pasokan’ cahaya untuk Philadelphia bila diaktifkan.

Generasi Komputer

1.      Generasi Pertama (1946 – 1959)
Komputer generasi ini dikarakteristikan keistimewaan yang mencolok pada ENIAC– tabung hampa udara. Sampai tahun 1950, beberapa komputer  menggunakan tabung tersebut. Pengembangan tersebut termasuk binary aritmetic, random access, dan konsep dari program yang tersimpan.
The U.S. Bureau of Cencus pada tahun 1951 menginstalasi komputer komersial pertama yaitu Universal Automatic Computer – UNIVAC I, dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
Komputer elektromekanik pertama merupakan hasil penelitian yang disponsori IBM. Saat itu, IBM memonopoli peralatan pemroses data punched-card. Pimpinam IBM tidak merasa bahwa komputer tersebut, bisa menggantikan mesin punched-card, untuk itu mereka tidak mau memasuki pasar. Belum sempat UNIVAC I sukses, IBM membuat keputusan baru untuk mengembangkan dan memasuki pasar komputer.

2.      Generasi Kedua (1959 – 1964)
Kebanyakan orang, penemuan transistor berarti semakin praktis. Untuk itu dalam bisnis pemrosesan data, menandakan dimulainya komputer generasi kedua. Transistor berarti semakin berkinerja, lebih diandalkan, dan komputer lebih murah yang menempati sedikit ruang dan menghasilkan sedikit panas.  Harga komputer selama generasi pertama, kedua dan sebagian generasi ketiga merupakan bagian penting dari anggaran sebuah perusahaan. Karakteristik generasi kedua :
Tidak ada kompatibilitas antar pabrik yang berbeda serta adanya bahasa pemrograman low-level.

3.      Generasi Ketiga
Ahli sejarah menganggap peristiwa terpenting dari sejarah komputer terjadi ketika IBM meluncurkan komputer System 360 tanggal 7 April 1964. System 360 termasuk ke dalam komputer generasi ketiga. Integrated circuits merupakan teknologi baru dari generasi ini seperti halnya transistor pada generasi kedua.
Masalah kompatibilitas pada komputer generasi kedua hampir hilang pada komputer generasi ketiga. Namun, komputer generasi ketiga sama sekali berbeda dengan generasi kedua. Perubahannya merupakan ‘revolusioner’, bukan ‘evolusioner’, dan menyebabkan konversi yang besar untuk ribuan komputer yang ada.
Sebuah karakteristik pada komputer generasi ketiga ini adalah ‘upward compatibility’, yaitu perusahaan bisa membeli komputer dari vendor dan kemudian bila perlu meng-upgrade-nya ke komputer yang lebih canggih tanpa memprogram ulang sistem informasi yang ada.
Komputer generasi ketiga bekerja sangat cepat sehingga bisa menjalankan satu program secara bersamaan.
a.     Minicomputer
Permintaan komputer kecil untuk aplikasi bisnis dan ilmu pengetahuan sangatlah besar sehingga tidak sedikit pembuat komputer hanya memproduksi small-computer saja. Small-computer ini dikenal sebagai minicomputer. Digital Equipment Corporation dan Data General Corporation menjadi pemeran utama dalam penjualan dan pembuatan minicomputer ini.

4.     Generasi Keempat
Tiga generasi sebelumya dibedakan dengan terobosan teknologi elektronik penting – lampu tabung hampa udara, kemudian transistor dan integrated circuit. Mungkin komputer generasi ini tidak akan seberuntung generasi sebelumnya dalam hal ‘merajai’ pasar dunia sebelum terobosan teknologi baru berikutnya. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang sering menyebut generasi ini sebagai generasi 3½.
a.     Micropocessor
Salah satu dari banyaknya kontribusi dalam pemunculan komputer generasi berikutnya adalah microprocessor. Microprocessor terkandung dalam sebuah chip silikon tunggal. Mikroprocessor pertama kali didemonstrasikan oleh Texas Instruments tahun 1971.
b.     Microcomputer
Merupakan alat pemroses yang kecil, relatif tidak mahal, tetapi berkinerja tinggi. Microprocessor ‘terkandung’ dalam sebuah komputer yaitu  microcomputer. Sedangkan microcomputer memungkinkan pemakaian pada bisnis kecil dan pribadi. Microcomputer juga biasanya disebut personal computer (PC).
Penerapan komputer pada berbagai bidang, salah satunya adalah dibidang ilmu pengetahuan melalui simulasi komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar